Lab 8.14. [CentOS7] Web Server [nginx] : UserDir (Web Hosting) - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Sunday, May 7, 2017

Lab 8.14. [CentOS7] Web Server [nginx] : UserDir (Web Hosting)


Salah satu cara agar setiap user memiliki web pribadi adalah dengan menggunakan UserDir. UserDir memungkinkan untuk dapat membaca dokumen-dokumen html milik user sistem linux yang tersimpan dalam home directory user. Sehingga setiap user linux dapat memiliki web pribadi. Ini dapat dilakukan dengan mendefinisikan lokasi direktori web milik user dalam file konfigurasi dengan menggunakan directive UserDir.


Topologi
Konfigurasi

1. pertama boleh buat dulu user yang baru, kalo udah punya user silahkan simak aja dah ntar juga paham hehehe dengan perintah berikut :


2. kita buka file virtualhost nya, untuk userdir ini kita perlu membuat virtual host dahulu untuk bisa membuat banyak webserver atau website dalam satu IP atau dalam satu server. berikut ini cara membuat virtual host >>> virtualhosting


3. dan isikan skrip yang sulit dimengerti ini hehehe :

  • location ~ ^/~(.+?)(/.*)?$ --> menambahkan direktori home pada suatu user agar dapat diakses pada web. Untuk mengakses web UserDir, kita harus mengetikkan http://domain/~namauser/. ^/~(.+?)(/.*)?$ merupakan bahasa REGEX yang menunjukkan sebuah user. 
  • /home/$1/public_html$2 --> menggantikan konten dari direktori yang seharusnya diletakkan di direktori user menjadi di direktori /home/$1/public_html$2. $1 disitu menunjukkan semua user yang ada pada server, sedangkan untuk public_html, itu merupakan direktori didalam /home/user.
  • index index.html index.htm --> mendefinisikan file index yang digunakan oleh untuk tampilan web server. 
  • autoindex on --> module yang digunakan untuk memproses semua yang berakhiran dari karakter / (slash).
4. silahkan direstart dahulu nginx nya untuk memperbarui konfigurasi.


5. kita buat juga direktori public_html pada direktori user /yordan yang terletak pada direktori /home. dan kita buat akses, permission, dan ubah selinux security content pada direktori tersebut.


  • mkdir /home/yordan/public_html --> membuat direktori public_html pada user.
  • chmod 711 /home/yordan/ --> memberikan hak akses pada group yordan dan user lain agar semua orang dapat melihat file yang merupakan konten dari web UserDir yang sudah dieksekusi oleh httpd untuk ditampilkan menjadi konten web.
  • chown gilznet:gilznet/home/yordan/public_html/ --> mengatur ownership atau kepemilikan terhadap direktori /home/yordan/public_html/ pada user dan group yordan.
  • chmod 755 /home/yordan/public_html/ --> memberikan permission atau hak akses read dan execute terhadap semua user. Direktori ini diberikan akses execute agar dapat di eksekusi oleh service httpd untuk melayani request dari UserDir.
  • chcon -R -t httpd_sys_content_t /home/yordan/public_html/ --> mengubah selinux security context terhadap direktori /home/gilznet/public_html secara keseluruhan agar dapat diakses oleh http sebagai direktori yang berisi konten website.
6. jangan lupa kita buat juga file index.html pada direktori /public_html pada direktori /home/yordan/


7. berikut ini adalah skrip html bagi website userdir yordan.


8. Berikan permission untuk file html yang dibuat sebelumnya. Berikan juga selinux permission agar client dapat mengakses UserDir.


Verifikasi

1. coba kita akses website untuk UserDir bagi user yordan, dengan url www.yordan.id/~yordan. dengan tambahakn ~yordan pada url ini merupakan nama usernya. dan Alhamdulillah berhasil.


No comments:

Post a Comment

Popular