Pengertian Virtual Private Network - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Friday, March 4, 2016

Pengertian Virtual Private Network

Virtual Private Network

Assalamu'alaykum wr. wb. selamat malam, pada malam hari ini saya akan menyampaikan sedikit ilmu dari sekolah, ilmu ini saya dapatkan dari hasil Pelatihan setting VPN dengan menggunakan OpenVPN. Tapi yang akan saya jelaskan adalah Pengertian VPN, Fungsi VPN, & Keuntungan menggunakan VPN. Berikut penjelasannya:

A. Pengertian VPN

VPN singkatan dari Virtual Private Network, VPN disebut juga Virtual Network yang artinya Jaringan yang hanya bersifat Virtual dengan menggunakan Jaringan Publik (Internet) sebagai perantaranya (media untuk koneksinya). Dan disebut pula Private Network yang artinya hanya segelintir orang yang bisa mengaksesnya karena Jaringannya bersifat Privat (Pribadi). Jadi, VPN adalah Koneksi satu Jaringan dengan jaringan lainnya secara Privat melalui Jaringan Publik/Internet sebagai Media untuk mengkoneksinya. Data yang terkirim oleh VPN sudah terenkripsi secara aman dan tetap Rahasia walaupun dikirimkan melalui Jaringan Publik/Internet. VPN ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi langsung dari mana saja kita berada dengan jaringan di perusahaan dengan jaringan virtual lokal pada perusahaan tersebut.



B. Fungsi VPN

1. Confidential/Kerahasiaan, proses pengiriman data akan terlindungi dengan adanya enkripsi data sehingga terjaga kerahasiaannya.





2. Data Integrity/Keutuhan Data. setiap data yang terkirim akan terjaga keutuhannya sehingga data yang terkirim tetap sama ukurannya, wujudnya, sumbernya, dan lain sebagainya kepada si penerima.





3. Origin Authentication/Autentikasi sumber, VPN akan melakukan pemeriksaan autentikasi terhadap sumber sumber. jadi tidak sembarang sumber yang bisa memasuki VPN ini.





4. Data Encryption/Enkripsi Data, VPN akan melindungi data dengan enkripsi sehingga data sulit untuk diterjemahkan/dibaca. yang dimaksud enkripsi ini adalah data yang terkirim akan di convert menjadi bahasa mesin/bahasa yang dimengerti komputer sehingga tidak akan dimengerti manusia.




C. Keuntungan VPN

1. Anonymous Surfing, ketika kita browsing, IP dan lokasi asli kita terlacak. namun berbeda dengan VPN ini, karena VPN ini menggunakan server dari negara lain. dengan VPN ini, lokasi yang terlihat adalah bukan lokasi asli kita layaknya browsing tidak menggunakan VPN tetapi lokasi yang terlacak adalah lokasi server yang ada di luar negeri karena IP nya berada di negara itu walaupun kita mengoperasikan VPN nya tidak di negara sana.

2. Enkripsi 256 bit - 2048 bit, paket data yang terkirim pada VPN ini akan di convert lalu dipecahkan menjadi ukuran 256 bit - 2048 bit. Tujuan enkripsi ini adalah untuk menghindari Sniffing. data yang sudah terenkripsi akan dibaca oleh mesin komputer ini dan hanya dimengerti mesin, mungkin ada saja orang yang mengerti dengan bahasa mesin, bisa saja :v
3. Dapat mengakses situs-situs yang diblokir oleh server yang kita sambung dengan VPN, kelebihan VPN yang satu ini sangat keren. karena dengan VPN ini bisa mengakses Situs yang diblokir. hal ini disebabkan karena VPN kita menggunakan IP dari ISP sana.

4. Menjaga keamanan Username dan Password, sesuai dengan keuntungan VPN yang Kedua tadi, data-data kita disana terenkripsi, sehingga Username dan Password kita aman dari Sniffing.


1 comment:

Popular