Sejarah Linux - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Tuesday, May 24, 2016

Sejarah Linux

Assalamu'alaykum Warohmatullahi wabarokatuh, berjumpa lagi dengan saya orang ganteng. mohon maaf tidak sempat menambah postingan-postingan lagi. sekarang mumpung sempet hehehe, baik langsung saja ini dia, sejarah linux.

jadi nih ya, sekarang ini tuh linux sudah menjadi acuan dalam penggunaannya sebagai sistem operasi untuk server. berdasarkan hasil riset dari  Gartner Group, beberapa vendor server seperti HP, IBM, Dell, dan Sun, dilaporkan bahwa telah menggunakan secara luas bahwa penjualan server komersial yang berbasis linux mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan yaitu sekitar 63% pada zamannya :v hasil riset ini kembali didukung dengan dukungan Novell kepada Suse Linux pada mesin server yang dipasarkan.

nama Linux sendiri diambil dari pencipta awalanya, namanya Linus Torvalds, dari UNJ :v eh Universitas Helsinki, di Babelan, eh Finlandia.

Linux dulunya itu proyek hobi yang dikerjakan oleh om Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi sorenya dari Minix. Minux adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh om Andy Tanembaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang di-posing ke miliscomp.os.minix , dengan maksud menawarkan untuk mempublikasikan kode sumbernya dan mengundang para developer lain untuk mengembangkannya bersama-sama. kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintahan negara indonesia, yang melindungi segenap bangsa indonesia, eh sorry bro jadi belajar PKN hehehe.. kemudian pada 5 Oktober 1991, om Linus mengumumkan versi resmi Linuxnya, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU Compiler). untuk versi pertama dirilis pada tanggal 14 Maret 1994, setelah 3 tahun mengalami masa pengembangan yang dilakukan bersama oleh banyak programmer dari seluruh dunia.

saat ini, Linux adalah sistem turunan UNIX yang lengkap, dapat digunakan untuk jaringan, pengembangan perangkat lunak, dan bahkan penggunaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih lingkungan sistem operasi ini termasuk ratusan termasuk, kompiler, interpreter, editor dan utilitas perngkat bantu yang mendukung konektivitas, Ethernet, SLIP dan PPP, dan interoperabilitas.

untuk masalah penggunaannya, pengguna dapat memilih distribusi-dstribusi Linux yang telah dikenal, misalkan Redhat, Mandrake, Suse, Debian, Gentoo, Slackware, daln lain-lain. perbedaan antara satu distribusi (distro) yang satu dengan yang lainnya adalah lebih kepada masalah program-progra yang disertakan dan fungsionalitas pemakaiannya, akan tetapi, tetap menggunakan kernel sama yang masih dikembangkan oleh om Linus bersama komunitas programmer.

satu hal yang tidak mungkin dilupakan dari sistem operasi Linux adalah jika dibandingkan sistem operasi lain, dengan Linux dapat dicapai tingkat fleksibilitas dan Kustomisasi maksimum. karena source code sistem operasi diberikan, anda dapat mengubah, melakukan konfigurasi, atau perluasan bila diperlukan. banyaknya dokumentasi yang tersedia untuk Linux, membantu pihak pengembang aplikasi serta komunitas pengguna dalam memahami dan meningkatkan kinerja sistem.

yap itu dia penjelasan singkat mengenai Sejarah Linux. mohon maaf bila ada kesalahan kata yang disengaja :v karna kalo ga sengaja kan ga mungkin, kan saya sendiri yang ngetik hehehe. baik terima kasih. Wassalamu'Alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh.

No comments:

Post a Comment

Popular