Mikrotik : Wireless [Point to Multi Point] - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Friday, August 4, 2017

Mikrotik : Wireless [Point to Multi Point]




Assalamu'alaykum, melanjutkan Lab sebelumnya, setelah tadi Point to Point yang hanya menghubungkan antara 1 Router dengan 1 Router, kali ini ane mau nyoba dengan menghubungkan 2 Router ke 1 Router, dimana 2 Router akan menjadi Station dan 1 Router menjadi AP Bridge. ya, namanya Point to Multi Point. berikut ini penjelasannya :

Topologi


beginilah ilmu goib, sesuai judul, ane mau nyoba menghubungkan 2 Router ke 1 Router, 1 Router bertindak sebagai AP Bridge dan 2 Router akan bertindak sebagai Station yang akan sama2 terhubung ke Router AP Bridge Alhamdulillah caranya ga jauh beda sama Point to Point. oh iya, sekali lagi ane bikin beginian bareng sohib saya dzikrafathintech.blogspot.co.id dan si Luftie Aji, saya lupa nama blog nya hehehe.

Router > AP Bridge Mode

1. pada router akses atau ap bridge, silahkan buat IP Address pada Interface goibnya. beri IP Address 10.10.10.1/24 pada wlan1.


2. masuk ke interface wireless, lalu setting router ini menjadi AP Bridge, Frequency > 2422 harus disamakan oleh router station, SSID berikan namanya sesuai selera, wireless protocol nya 802.11.




Router > Station 1 & Station 2

1. kali ini pada router station 1, silahkan beri IP Address pada interface goibnya. beri IP Address 10.10.10.2/24 pada wlan1.


2. lakukan hal yang sama pada router station 2, beri IP Address yang berbeda pada wlan1.


3. lakukan hal berikut pada kedua Router station, silahkan beri Mode > station Band > 2GHz-B/G/N , Frequency > 2422 , SSID : Terangkanlah!!!


4. lakukan juga hal berikut pada kedua Router Station, kita harus melakukan Scan untuk mencari SSID si Router Akses/AP Bridge. silahkan klik Scan.


5. cari SSID nya, lalu silahkan klik connect.


6. untuk memastikan sudah terhubung atau belum, silahkan lakukan ping ke Router AP Bridge. atau bisa mengecek interface router station sudah ada tulisan atau Running pada menu Interface Wireless.



Verifikasi > Router Station 1 & Station 2

1. Silahkan lakukan pengecekan pada kedua Router Station, pada bagian Registration akan terlihat radio dari Router AP Bridge. bisa kita lihat CCQ atau kualitas konektivitas antar router, semakin besar maka semakin baik. dan juga ada throughput, berarti disini adalah bandwidth yang didapat dari si router akses.


2. kita juga bisa melihat traffic, untuk mengujinya silahkan lakukan ping.


3. disini ceritanya pada Router Station 1 akan dinyalakan BTest Server, untuk melakukan Bandwidth Test ke arah router ini dan akan dilakukan oleh router ap bridge.


Verifikasi > Router AP Bridge

1. silahkan lakukan Bandwidth Test untuk mengetes bandwidth ke Router Station 1 seperti berikut.


2. dan kalau dilihat lihat, pada bagian Registration di Router AP Bridge ini akan terlihat 2 radio dari 2 Router Station yang terhubung ke Router AP Bridge ini.

No comments:

Post a Comment

Popular