[Tugas 3 KTI A**] Microsoft Word - Pembuatan Mail Merge - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Friday, April 17, 2015

[Tugas 3 KTI A**] Microsoft Word - Pembuatan Mail Merge

Assalamu'alaykum, langsung saja lah ya kali ini saya akan melampirkan cara untuk membuat Mail Merge. berikut ini penjelasannya :
Pada Tugas 3 KTI A** ini telah terlampir apa yang telah dipelajari mengenai Pengenalan Microsoft Word. Adapun salah satu penggunaan Microsoft Word yaitu penggunaan Mail Merge, berikut ini adalah penjelasannya :

1.      Memilih Jenis Mail Merge.

Jenis Mail Merge yang dipilih adalah Letters atau surat dengan mengeklik Tab MAILINGS > Start Mail Merge > Letters.




1.      Membuat List baru

List dimaksudkan untuk membuat Data/Daftar baru yang akan digunakan Mail Merge saat Insert. Caranya dengan klik Tab MAILINGS > Select Recipients > Type a New List. 



1.      Membuat Data pada List

Biasanya pada awalnya harus meng-custom kolomnya untuk membuat nama kolom buatan sendiri dengan mengeklik Customize Columns.


Kemudian pilih nama kolom default yang akan diganti dengan mengeklik Rename. Kemudian tulis nama kolom yang baru lalu klik OK



Ulangi cara yang sama seperti sebelumnya, setelah selesai maka klik OK.



Buat Entri baru untuk membuat Space Record kosong sebanyak jumlah Data yang dibutuhkan dengan mengeklik New Entry, kemudian isi kolom Nama, NPM dan Kelas lalu klik OK.


Simpan List buatan tadi pada Dokumen dengan cara mengeklik Save.


1.      Menggunakan List


Setelah selesai membuat List dengan isi biodata maka List nya siap digunakan dengan cara mengeklik Tab MAILINGS > Select Recipients > Use an Existing List. Lalu cari List yang telah dibuat dan tersimpan, pilih lalu klik Open.



1.      Menyisipkan Field Merge (Kolom berisi Data)


Sisipkan Field yang berisi data Nama, NPM dan Kelas yang merupakan Kolom dari List yang telah dibuat sebelumnya dengan cara meletakkan kursor pada posisi yang ditentukan kemudian klik Tab MAILINGS > Insert Merge Field > Nama-NPM-Kelas (satu persatu).



1.      Finish & Merge


Jika semua selesai, maka untuk penyelesaiannya bisa langsung diprint, kirim lewat Email, ataupun diedit per-Surat dan per-Data dari 5 data yang dibuat pada list dengan cara klik Tab MAILINGS > Finish & Merge kemudian pilih salah satu yang akan digunakan.



 Hasil :

Klik Tab MAILINGS > Preview Results > klik next-next untuk melihat hasilnya.









No comments:

Post a Comment

Popular