Tugas Softskill - Manusia dan Tanggung Jawab - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Tuesday, May 19, 2015

Tugas Softskill - Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia Dan Tanggung Jawab


A. Pengertian Tanggung Jawab

    Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
     Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Macam-macam Tanggung Jawab

     1) Tanggung jawab terhadap diri sendiri

            Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri.
            Contohnya sebagai mahasiswa haruslah memiliki manajemen waktu sendiri, membagi waktu seperti istirahat, hiburan, belajar dan lain sebagainya.

     2) Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu, dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
Contohnya sebagai anak harus menyempatkan waktu untuk membantu orangtua dalam pekerjaan di rumahnya.

     3) Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena itu ia harus berkomunikasi terhadap sesama. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.
Contohnya adalah kerja bakti di lingkungan masyarakat. Dapat dikatakan bertanggung jawab terhadap masyarakat jika ia mau melakukan kegiatan kerja bakti (gotong royong) untuk membersihkan lingkungan sekitar.

     4) Tanggung jawab terhadap Bangsa/Negara

Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berfikir, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. Contohnya mentaati peraturan lalu lintas.

     5) Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung kepada Tuhan. Mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.
Contohnya  Melaksanakan Semua Perintah Yang Dianggap Benar dan Menjauhi Semua Larangan Yang Dianggap Salah .
C. Pengabdian dan Pengorbanan

·             Pengabdian

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran. Pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.
Contohnya beberapa satpam di komplek bekerja siang-malam menjaga perumahan, artinya mereka mengabdi terhadap penduduk sekitar untuk menjaga keamanan di wilayahnya.

·             Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.
Contohnya sebagai mahasiswa yang memiliki cita-cita di masa depan, biasanya mereka akan mengorbankan waktu istirahatnya untuk senantiasa belajar dengan giat.

D. Bentuk Tanggung Jawab yang sudah pernah direalisasikan

            Sebagai Salah Satu Manusia Sosial Yang Menyembah Tuhan YME , Berpendidikan ,Dan Memiliki Keluarga , Saya Memiliki Banyak Bentuk Tanggung Jawab yang Sudah Seharusnya Menjadi Tugas Saya Untuk Melakukan Hal Yang Benar , Misalkan :

        A.   Bertanggung Jawab Untuk Mengabdi Kepada Kedua Orang Tua Ketika Melakukan Pekerjaan Yang Membuat Mereka Merasa Berat dalam Melakukannya , Maka Saya Sebagai Seorang Anak Harus Membantunya .

        B.   Bertanggung Jawab Untuk Melakukan Kesalahan Yang Sudah Saya Lakukan Maka Saya Pasti akan Berusaha Untuk Menggantikan / Memperbaiki Kesalahan Tersebut .Seperti Ketika Kita Merusak Mainan Milik Teman , Maka Kita Perlu Memperbaiki Mainan Yang Sudah Kita Rusak . Maka Itu Salah Satu Bentuk Tanggung Jawab .

        C.   Bertanggung Jawab Kepada Tuhan YME , Saya Sebagai Seorang Muslim Haruslah Bertanggung Jawab Melaksanakan Perintah Perintah Yang Pasti Diharuskan ( Wajib ) Untuk Menaatinya dan Menjalankannya , Seperti Shalat 5 Waktu , Puasa , Zakat , Shadaqah , Infaq , Dll . Dan Ketika Kita Pernah Memilih Jalan Yang Salah Maka Dengan Cepatnya Kita Meminta Ampunan ( Tobat ) Kepada Tuhan YME dan Memperbaiki Perintah Yang pernah Dilakukannya.

     D.   Bertanggung Jawab Terhadap Pendidikan .Kita Sebagai Manusia Haruslah Mempunyai Ilmu Pendidikan . Tanggung Jawab Kita Terhadap Ilmu Pendidikan Adalah Dengan Menggunakan Ilmu Tersebut Dengan Benar Karena Ilmu Itu Membantu Kita Untuk Menuntun Ke Jalan Yang Benar . Selain Menuntun ke jalan yang benar , Kita Juga Perlu Untuk Mengetahui Dimana Letak Kesalahan Kita Sebelumnya dan Memperbaikinya .

 E. Bertanggung Jawab dalam memimpin OSIS saat SMP.
 F. Bertanggung Jawab sebagai NOC saat magang.
 G. Bertanggung Jawab sebagai kakak untuk mencontohkan hal positif kepada Adik.

No comments:

Post a Comment

Popular