Konsep Teknologi Konvergensi, Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV sebagai layanan Aplikasi New Media. - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Wednesday, November 4, 2015

Konsep Teknologi Konvergensi, Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV sebagai layanan Aplikasi New Media.


Assalamu'alaykum akang-akang teteh-teteh kumaha damang? kali ini ane baru nongol lagi buat Tugas doang nih yak, udah sih gitu aja opening-nya :v langsung kuy aja ke TKP!!!!

Konsep Konvergensi

Dalam Artikel kali ini Konsep Konvergensi dibatasi dengan beberapa hal yang terkait antara lain :

a. Broadband.
b. VPN.
c. Pemanfaatan IT dan Konvergensi.
d. Konvergensi Media.

Seorang ahli bernama Flow merumuskan teori tentang Konvergensi Media. Menurut beliau, Konvergensi Media terdiri dari tiga poin penting, yang terdiri dari Computing & Information Technology, Communication Network, dan Digital Content. Teori ini menerangkan bahwa Konvergensi Media sangat berkaitan erat dengan Perubahan Industri, dimana industri menjadi lebih dinamis dan bergantung pada Teknologi. Perubahan ini dapat berupa perubahan media informasi, perubahan cara melakukan komunikasi, perubahan media cetak dan perubahan penggunaan media digital.

Sumber : https://pakarkomunikasi.com/konvergensi-media


1. Broadband

Broadband pengertian simpelnya ialah Bandwidth yang lebar, dikatakan lebar karena Broadband dapat men-transmisikan beberapa Sinyal sekaligus hingga beberapa jenis Traffic. Medianya bisa berupa Kabel Coaxial, Fiber Optik, Radio, dan Twisted Pair (STP/UTP). Contohnya bisa kita ketahui bersama bila dilihat dari Media-media Broadband salah satunya adalah Fiber Optik. Fiber Optik memiliki Bandwidth yang lebar dan kecepatan Transmisi yang luar biasa, dalam penggunaannya pada Provider sebagai Media Transmisi beberapa Traffic seperti Internet, Internet TV dan lain sebagainya.


2. VPN

VPN (Virtual Private Network) secara Teknis ialah menggunakan Koneksi Server dengan keamanan Private (Enkapsulasi Data), dimana Server menyediakan Akses itu secara Virtual. VPN pada dasarnya membutuhkan Akses internet untuk bisa terhubung ke VPN Server yang menyediakan Akses VPN.


3. Pemanfaatan IT dan Konvergensi

Mengenai Pemanfaatan IT dalam hal ini dibatasi dengan Pemanfaatan IT dalam Pengembangan Pembelajaran. Menurut penulis, Konvergensi dari Pemanfaatan IT dalam pengembangan Pembelajaran ini pada akhirnya adalah Tujuan keberlangsungan Pendidikan yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia yang diperoleh dari Pendidikan yang berkualitas.

Oleh : Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc. 

  • Memanfaatkan media dalam setiap kegiatan pembelajaran/perkuliahan (lebih daripada sekedar whiteboard dan spidol). 
  • Penyebarluasan inovasi (sosialisasi) di bidang pemanfaatan media kepada segenap civitas academica. 
  • Implementasi dan pelembagaan penggunaan ICT dalam pembelajaran, misalnya dengan mendirikan Media Center,  Learning Resource Center,  Education Web Site, Distance Learning Web Site. 

Konsep Jejaring Sosial

Apa itu jejaring sosial? Jejaring sosial (social network) adalah bentuk struktur sosial yang terdiri dari simpul-simpul yang saling terkait dan terikat oleh satu atau lebih tipe hubungan yang spesifik. Simpul-simpul yang dimaksudkan disini dapat berupa individu maupun organisasi.  Istilah jejaring sosial pertama kali diperkenalkan oleh Professor J.A Barnes pada tahun 1954. Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.

Dua situs jejaring sosial yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Facebook dan Twitter.
  • Facebook: Facebook adalah situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh facebook dan jarang dimiliki oleh situs jejaring sosial lain adalah beragamnya aplikasi yang dapat memanjakan pengguna, baik yang dikembangkan oleh pihak internal maupun eksternal facebook.
  • Twitter: Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006, kemudian secara resmi diluncurkan pada bulan Juli. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging.
Jejaring sosial saat ini telah menguasai kehidupan para pengguna Internet. Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing situs jejaring sosial berbeda-beda. Hal inilah yang merupakan ciri khas dan juga keunggulan masing-masing situs jejaring sosial. Tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chating, email, berbagi pesan, berbagi video atau foto, forum diskusi, blog, dan lain-lain. Pemanfaatan situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi trend atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Buktinya situs jejaring sosial Facebook berada pada peringkat pertama website yang paling banyak diakses di Indonesia.


Konsep Podcasting

Podcast adalah file MP3 yang tersedia di RSS feed. Awalnya, RSS feed digunakan untuk situs berita agregat yang dikirim link ke berita atau artikel blog untuk pelanggan. Siapa saja dengan koneksi internet dan beberapa peralatan audio murah dapat menghasilkan Podcast dan membuatnya tersedia secara online.

Orang membuat Podcast untuk banyak alasan. Kebanyakan dari mereka hanya ingin mengekspresikan sesuatu: kecintaannya pada sebuah acara TV tertentu, pengetahuan tentang teknologi atau hanya humor atau sesuatu yang pribadi.


Beberapa orang menggunakan Podcasting sebagai cara untuk menarik perhatian pada usaha mereka yang lain. Sebagai contoh, sebuah band bisa menggunakan Podcast untuk mendapatkan lebih banyak orang yang mendengar lagu-lagu mereka, atau perusahaan teknologi dapat menggunakan Podcast untuk mengiklankan dirinya sendiri. Stasiun radio dapat menggunakan Podcast sebagai cara alternatif untuk mendistribusikan pertunjukan mereka kepada para pendengar, banyak stasiun radio di Amerika Serikat melakukan hal ini. Beberapa Podcasters sengaja masuk ke Podcasting sebagai cara untuk mendapatkan uang.

Bagi Al Gritzmacher, pencipta Buffalo Live! Musik Podcast, bermain musik di Podcast dapat menciptakan kesempatan. "Salah satu cara untuk menghindari cengkraman perijinan dan pembatasan hak cipta (pada musik mainstream) adalah dengan berhubungan langsung dengan artis yang memegang hak untuk musik mereka sendiri," kata Gritzmacher. "Jadi ide Podcast musik lokal lahir."

Podcast memberikan cara yang lebih menguntungkan untuk siaran musik, talk show dan informasi lainnya. Coba, berapa banyak orang mendapatkan kesempatan untuk memiliki acara radio mereka sendiri? Segelintir permasalahan yang harus dihadapi bila hendak membuat sebuah acara radio, mulai dari berurusan dengan sponsor, iklan, manajer stasiun hingga aturan perusahaan. Kelebihan Podcasting tidak memiliki keterbatasan ini, sehingga menarik bagi mereka yang ingin mandiri dengan sikap do-it-yourself nya. Ditambah, siapapun dapat memulai Podcast. Anda tidak perlu pendidikan penyiaran formal, pengalaman atau izin siapa pun untuk melakukannya.

Faktor terakhir adalah biaya. Sebuah Podcast basic dapat dibuat dengan biaya peralatan kurang dari Rp 1 juta (tidak termasuk koneksi internet dan komputer). [ND]


Konsep RSS


RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Terkadang disebut dengan feed atau RSS feed. RSS adalah tipe web feed yang mengizinkan user dan aplikasi untuk menerima update reguler dari website atau blog yang mereka pilih.
Pada masa sebelumnya, sebelum adanya fitur RSS feed, jika ingin mendapat informasi terbaru dari website favorit Anda, langkah yang perlu dilakukan adalah bookmark halaman website tersebut kemudian membukanya secara manual untuk melihat update terbaru.
RSS feed memberikan solusi untuk menangani masalah itu dengan memberikan izin user untuk mendapatkan informasi terbaru dari website favorit yang sering mereka kunjungi tanpa harus membukanya secara manual.
RSS feed juga mengizinkan blogger atau penerbit untuk secara otomatis menyebarkan konten mereka sehingga pengunjung/subscriber dapat membaca konten tersebut di email, aplikasi pembaca feed, atau perangkat lainnya.
Jadi secara sederhana, RSS feed adalah aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser.
Semua blog WordPress terbuat dengan dukungan RSS Feed. Secara default, setiap halaman (page) dari situs WordPress memiliki meta tag yang mengarah ke lokasi RSS feed website.
Anda dapat menonaktifkan RSS feed di WordPress. Namun, sebelum melakukan hal itu, saya sarankan untuk melanjutkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena kemungkinan besar Anda akan berubah pikiran untuk tidak menonaktifkannya.

Keuntungan Menggunakan RSS Feed

RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.
Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website Anda tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten Anda juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.
RSS feed membantu Anda membangun dan memelihara followers yang setia mengikuti halaman blog Anda. Bisa jadi, RSS subscriber akan lebih sering membagikan konten Anda di sosial media, seperti melakukan tweet dari setiap artikel yang mereka baca.
Sebagai pengguna atau subscriber, Anda dapat membaca website favorit dan menyimpannya ke dalam satu tempat. Ini membuat Anda lebih cepat menjelajah berita terbaru dari blog atau website yang Anda suka. Bahkan, Anda bisa meninggalkan komentar jika menyukai salah satu artikel di dalam blog tersebut langsung dari aplikasi feed feeder.
Kebanyakan dari feed reader saat ini melakukan penyusunan daftar bacaan melakukan kategori atau grup. Tentu ini akan meningkatkan dan memaksimalkan waktu Anda membaca.

Cara Kerja RSS Feed

RSS feed bekerja dengan mempublikasikan konten terbaru Anda dalam struktur dokumen XML. Feed ini mengandung artikel Anda secara lengkap atau ringkasannya saja, dan metadata untuk setiap item, seperti tanggal, pemilik, kategori, dan lain sebagainya.
Dokumen XML ini dapat mengambil dan dibaca dengan RSS feed reader. Anda dapat menemukan banyak sekali aplikasi RSS feed reader yang tersedia di internet. RSS feed reader tidak hanya di sistem operasi seperti Windows saja, melainkan hampir semua sistem operasi dari berbagai perangkat desktop, termasuk perangkat mobile.
IPTV
Pengertian IPTV atau Televisi protokol Internet adalah layanan televisi dengan jaringan Internet yang menggunakan arsitektur jaringan dan metode suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan Infrastruktur, misalnya, Internet dan jaringan Internet akses broadband , bukan menggunakan frekuensi radio, sinyal satelit, dan televisi kabel.
IPTV layanan Mei Jadilah Berbintang Ke tiga kelompok utama: TV, waktu bergeser pemrograman, dan video on demand (VOD). Hal ini Distinguished dari layanan internet berbasis web atau multimedia berbasis umum dengan proses Standardisasi on-akan-nya (misalnya, Institut Standar Telekomunikasi Eropa) dan skenario penyebaran Preferential dalam jaringan Telekomunikasi berbasis pelanggan dengan saluran akses berkecepatan tinggi pengguna akhir bangunan Ke melalui kotak set-top atau lain-lokasi pelanggan tetap.
Secara historis, banyak definisi yang berbeda-beda IPTV Apakah Muncul, Termasuk dasar stream melalui jaringan IP, transportasi sungai melalui jaringan IP dan sejumlah sistem berpemilik.
Definisi resmi disetujui oleh kelompok Telekomunikasi fokus pada IPTV International Union (ITU-T FG IPTV) adalah sebagai BERIKUT:
“IPTV didefinisikan sebagai layanan multimedia diantaranya televisi / video / audio / text / grafik / data yang disampaikan melalui jaringan berbasis IP. System ini mampu memberikan tingkat kualitas pelayanan dan pengalaman, keamanan, interaktivitas dan keandalan yang dibutuhkan.”
Definisi Lain yang resmi dan lebih rinci IPTV datang dari Alians Telecomunication Industry Solution (ATIS), IPTV eksplorasi Group pada tahun 2005:
IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman dan dapat diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait. Layanan tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan Interactive TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet switched protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video dan sinyal kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan penyebaran IPTV, keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan pengalaman hiburan unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi penyedia konten, pengiklan dan sama Pelanggan.
Salah satu definisi untuk konsumen IPTV ini untuk transportasi program satu atau beberapa sungai (MPTS) yang bersumber oleh operator jaringan yang sama memiliki atau langsung kontrol itu mil yang “terakhir” ke lokasi konsumen [rujukan?]. Ini kontrol atas Memungkinkan pengiriman Dijamin kualitas pelayanan (QoS), Dan Juga Memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan sebagai panduan program yang lebih baik seperti itu, layanan interaktif dll
Di lingkungan komersial IPTV banyak digunakan untuk distribusi TV, saluran playout video dan Video on Demand (VOD) materi di LAN atau WAN IP jaringan infrastruktur, dengan QoS dikontrol.

No comments:

Post a Comment

Popular