Windows Server 2012 R2 : [Database] MySQL > Membuat Table : Cara Membuat Data Diri / Biodata - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, June 8, 2017

Windows Server 2012 R2 : [Database] MySQL > Membuat Table : Cara Membuat Data Diri / Biodata


Assalamu'alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Selamat malem, kali ini ane mau berbagi sedikit mengenai MySQL atau ane lebih enak nyebutnya MySekel :v kali ini ane mau nyobain sedikit Aplikasi MySQL untuk CLI nya, Insya Allah kalau ada Waktu, apalagi pas bulan puasa ntar ane nyobain yang GUI nya yaitu yang Workbench nya. kali ini ane mau nyoba CLI nya dulu. percobaan kali ini ane mau nyoba bikin Table, nah dalam Table tersebut datanya mau ane isi Biodata atau data diri, berikut ini adalah caranya :

1. pertama kita bisa menggunakan Aplikasi khusus CLI nya yaitu MySQL Command Line Client, kalau nemu 2 versi pas kita search, ya sama saja versinya, beda tampilannya saja, klik salah satu aplikasi yang CLI nya.


2. setelah itu anda harus login dulu menggunakan Password yang sebelumnya sudah dibuat saat menginstal Aplikasi ini. lalu tekan [Enter].


3. sedikit info, kita bisa melihat schema atau database yang sudah ada pada MySQL nya dengan perintah berikut :
show databases;
lalu disini saya akan mencoba untuk menghapus database dirham, lalu apa perintah dasar untuk menghapus database?

4. untuk menghapus salah satu database yang sudah dibuat misalnya, perintahnya adalah sebagai berikut :
drop database dirham;
  • drop database > perintah untuk menghapus suatu database.
  • dirham > nama schema atau database yang dihapus.
  • ; > seperti biasanya pada MySQL diharuskan diakhiri tanda ini pada akhir perintahnya.


lalu bisa kita lihat kembali database yang ada dengan perintah show databases; maka nama database dirham akan hilang. lalu bagaimana cara membuat databasenya?


5. setelah tadi percobaan untuk menghapus database, sekarang kita akan mencoba untuk membuat database, bagaimana caranya? berikut ini adalah perintahnya yaitu :
create database dirhamcihuy;
  • create database > perintah untuk membuat database.
  • dirhamcihuy > nama database yang dibuat.
  • ; > seperti biasa, harus ditutup tanda ini pada akhir perintah.


lalu bisa kita cek database yang sudah kita buat tadi dengan perintah show databases; dan lihatlah hasilnya, maka akan terlihat database dirhamcihuy sudah dibuat.


6. sesuai misi kali ini, ane bakalan pengen mau bikin Table data diri menggunakan database yang sudah dibuat. untuk membuat Table data diri pun kita perlu untuk masuk dan menggunakan salah satu database yang sudah dibuat, perintahnya adalah sebagai berikut :
use dirhamcihuy;
  • use > perintah untuk masuk dan menggunakan suatu database.
  • dirhamcihuy > nama database yang akan digunakan.
  • ; > tanda wajib akhiran perintah pada MySQL.


setelah itu kita bisa membuat table nya pada Database ini dengan perintah berikut ini :
create table biodata (
no INT(20) primary key,
`data diri` varchar(200),
kelas varchar(200)
);

setelah itu kita bisa melihat Table yang sudah dibuat pada database dirhamcihuy ini dengan perintah.
show tables;


database berhasil dibuat, dan bisa kita lihat bahwa pada fitur Extra di barisan Field no masih kosong, dan kita membutuhkan fitur tambahan untuk datatype INT pada barisan Field no atau nomor yang akan tampil pada Table. Fitur Extra yang saya maksud disini adalah namanya auto_increment. fitur ini berfungsi biasanya kalo ane yang sering2 liat di beberapa artikel, auto_increment ini biasa digunakan untuk datatype INT atau Datatype Numerik lainnya bahkan mungkin ada juga untuk datatype selain datatype numerik, auto_increment berfungsi secara Incremental, yang artinya akan bertambah terus-menerus, pada datatype INT misalnya untuk penomoran, maka nomornya akan tersusun dan terurut. kita bisa cek dulu Table nya dengan perintah berikut ini :
desc biodata;

lalu kita lanjutkan untuk menambahkan fitur Extra yaitu auto_increment untuk datatype INT ini. perintahnya untuk menambahkan fitur tersebut adalah sebagai berikut :
alter table biodatachange column `no` `no` INT(20) NOT NULL AUTO_INCREMENT;
  • alter table > perintah untuk mengedit Table
  • biodata > nama Table yang akan diedit
  • change column `no` `no` > mengubah nama Field no menjadi no juga
  • INT(20) > datatype Numerik
  • NOT NULL > Default Table (yang ini ane kurang paham)
  • AUTO_INCREMENT; > Fitur Extra untuk menambah fungsi datatype INT.


setelah itu bisa kita cek lagi Table nya untuk melihat apakah auto_increment tadi sudah berhasil tambahkan dengan mengetikkan perintah berikut ini :
desc biodata;
dan hasilnya Alhamdulillah sudah nongol pada Deretan kolom no. itu contoh untuk menambahkan Fitur Extra pada kolom di Table pada Database, sekarang ane pengen lanjut cara ngubah nama kolom/Field. bagaimana caranya? lanjut ya dibawah..


ceritanya ane pengen mengubah nama kolom/Field kelas, sekedar info saja ya dan pastinya Insya Allah akan bermanfaat, untuk melihat nama kolom/Field silahkan cek pada Table anda di Database yang sudah anda buat dengan perintah seperti biasa :
desc biodata;
nama kolom/Field kelas seperti pada tanda panah dibawah ini lah yang akan coba saya ubah. caranya? ada kok skripnya dibawah hehehe...


berikut ini adalah perintah untuk mengubah nama kolom/Field nya saja, datatype yang seperti awal kita masukkan lagi serta Default Table nya juga disamakan seperti awal membuat kolom. berikut ini adalah perintahnya :
alter table biodata
change column `kelas` `keterangan` varchar(200) NULL DEFAULT NULL;
  • alter table > perintah untuk mengedit Table
  • biodata > nama Table yang akan diedit
  • change column `kelas` `keterangan` > mengubah nama kolom/Field kelas menjadi keterangan.
  • NULL DEFAULT NULL; > Default Table kolomnya.


setelah itu bisa kita cek lagi Table nya apakah nama kolom/Field yang diubah tadi sudah berhasil diubah dengan mengetikkan perintah berikut ini :
desc biodata;
Hasilnya Alhamdulillah, sudah berhasil diubah. kenapa nama kolom kelas tadi saya ubah menjadi keterangan? ga harus keterangan si sebenernya, liat aja deh ke bawah2 ntar juga paham kok hehehe...


Sesuai janji saya dari awal, setelah sekian banyak percobaan-percobaan super iseng tadi dan langsung saja kita bisa membuat langsung Data Diri / Biodata menggunakan Table pada Database yang sudah kita buat tadi. perintahnya cukup panjang hehehe.. berikut ini adalah perintahnya :
insert into biodata
(`no`, `data diri`, `keterangan`)
values
('1', 'nama', 'Muhammad Dirham Yordania'),
('2', 'kelas', 'XI TKJ A'),
('3', 'Sekolah', 'SMKN 1 Kota Bekasi'),
('4', 'Jurusan', 'Teknik Komputer dan Jaringan'),
('5', 'Blog', 'dirhamyordan.blogspot.co.id'),
('6', 'Kewarganegaraan', 'Indonesia'),
('7', 'Status', 'Jomblo Akut');
  • insert into biodata > perintah untuk memasukkan isi ke dalam Table Biodata
  • (`no`, `data diri`, `keterangan`) > ini merupakan kolom-kolomnya/Field yang akan kita masukkan isinya kedalam kolom tersebut.
  • values > ini merupakan perintah pembuka untuk memasukan isi ke dalam Kolom tadi.
  • ('1', 'nama', 'Muhammad Dirham Yordania'), > ini merupakan isinya yang akan dimasukkan kedalam kolom-kolom tadi, terdapat isinya yaitu 1 masuk kedalam kolom no, lalu ada nama yang akan dimasukkan ke dalam kolom data diri, dan juga ada Muhammad Dirham Yordania yang akan dimasukkan kedalam kolom keterangan. dan untuk menambahkan values lebih dari sekali bisa kita tambahkan tanda koma ( , ) lalu seperti biasa jangan lupa beri tanda titik koma ( ; ) diakhir perintah seperti gambar dibawah ini :

untuk melihat hasilnya, kita bisa mengetikkan perintah berikut ini :
select * from biodata;

No comments:

Post a Comment

Popular