Windows Server 2012 R2 : MySQL Installation - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, June 8, 2017

Windows Server 2012 R2 : MySQL Installation


Assalamu'alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh, selamat pagi, sekarang ane bakalan akan ngeshare bagemana cara nginstall Aplikasi MySQL ini.

Sekilas Tentang Data Base Server:

Data Base sebuah program sekaligus vitur yang menyediakan layanan data untuk sambungan komputer lain nya, dengan di buatkan sebuah data base, kita bisa melakukan penyimpanan data yang dapat di lakukan dalam satu lokasi, dan juga dari segi kemanan data juga lebih aman karena data base server mempunyai motode metode keamanan yang lebih canggih dari komputer biasa.

Alat Sekaligus Aplikasi pendukung Lain nya: 
#.Virtual Box (untuk virtualisasi).#.System operasi windows server 2012 r2.#.MYSQL sofware (saya menggunakan versi 5.7.16.0).#.Microsoft Visual c++ 2005-2008-2010-2012-2013-2015, kok banyak banget , karena terkadang sebuah software berjenis windows membutuhkan sebuah dll yang saling berkaitan, alias tidak bisa hanya menginstall mv c++ terbaru untuk memenuhi persyaratan dll untuk menjalankan sebuah aplikasi, jadi dll yang terdahulu masih di perlukan, makanya saya install versi c++ nya hampir lengkap dan saya sarankan anda untuk menginstall nya juga supaya pada saat meginstall aplikasi yang membutuhkan dll tertentu, anda tidak repot lagi mencarinya.#.Kondisi Khusus : Windows server saya terkoneksi Ke internet.#.INTERNET UNTUK MENDOWNLOAD APLIKASI.LINK
1. silahkan download dulu bagi yang blm punya aplikasinya, dan jika sudah silahkan install dan buka Aplikasi Installer nya Run as Administrator.


2. silahkan klik Run.


3. tunggu sampai kelar membaca Installernya.


4. lalu akan muncul Licence Agreement, silahkan ceklis dulu dan lanjut klik Next >


5. akan muncul beberaapa Setup type, silahkan klik Custom lalu klik Next. pada Type Custom ini kita akan memilih beberapa Fitur secara manual.


6. silahkan pilih fitur manakah yang akan kita instal, klik dulu Fiturnya, lalu klik tanda panah →


dan jadinya akan seperti ini. inilah beberapa fitur yang akan diinstall, silahkan cocokkan. setelah memilih Fiturnya selesai, silahkan klik Next>


7. Bila ada bagian seperti ini, terdapat dua Fitur yang membutuhkan Micorosoft Visual C++ 2013 , yaitu fitur MySQL Workbench dan MySQL Utilities. silahkan ikut permintaan yang pada bagian Check Requirements ini. kalau lagi begini, alangkah baiknya silahkan klik < Back dulu, lalu silahkan install Microsoft Visual sesuai ketentuan yang ada.


silahkan persiapkan beberapa bahan seperti Microsoft Visual lainnya bila ada persyaratan lain. klik Install.


silahkan ceklik License Agreement. lalu klik Install.


8. lalu akan muncul beberapa Fitur yang siap untuk diinstall. silahkan klik Execute. maka akan diinstall beberapa Fiturnya sampai selesai.


9. bila kita sudah menginstall Microsoft Visual sesuai ketentuan, maka jika klik klik < Back dari bagian Installation maka akan kosong, artinya sudah siap untuk diinstall. yah ini sih dont thinking about it.


10. Fitur2 dan Aplikasi nya sudah terinsall yey. silahkan klik Next.


11. pada bagian ini silahkan klik Next. Nah setelah Menginstall beberapa fitur, sekarang kita masuk pada tahap produk/fitur configuration, ada beberapa fitur yang membutuhkan konfigure khusus seperti pasword, penginstalan aplikasi pendukung dll, klik next untuk masuk ke tahap konfigurasi produk/fitur.


12. Untuk config type saya menggunakan jenis dedicated machine, untuk port number saya mengguanakan konfigurasi default, Setelah klik next untuk lanjut ketahap berikut nya.


silahkan biarkan bagian Port MySQL nya default saja. lanjut klik Next.


13. Nah Sekarang kita buat deh password Mysql nya, untuk pasword anda dapat bebas menentukan jenis pasword nya. lalu klik add user.


Sekarang kita buat user barunya, dengan cara klik add user--> masukkan nama user name dan lain-lain nya, untuk contoh tampilan nya anda bisa melihat gambar di bawah ini, setelah sudah di isi semua, klik ok untuk menyelesaikan pembuatan user. lalu silahkan klik OK


bila sudah semua silahkan klik Next.


14. Untuk tahap ini, saya sarankan menggunakan konfigurasi default, karena secara default setingan yang di gunakan sudah cukup memadai.


15. Setelah itu kita enable plugin x protkol/Mysql nya, untuk port number saya menggunakan port standar bawaan system, untuk open firewall port for network access sebaik nya di aktifkan, supaya port tersebut dapat dijinkan untuk menjalankan akses nya.


16. Nah sekarang kita terapkan/memasang konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya, klik execute untuk memulai pemasangan konfigurasi.


Setelah proses pemasangan selesai, pastikan hasil pemasangan nya benar semua dan berjalan dengan baik (ditandai dengan tanda ceklis hijau), setelah itu klik finish untuk lanjut ketahap berikutnya. lalu klik Finish.


17. Nah proses konfigurasi mysql server 5.7.16 sudah sudah selesai, nah untuk fitur/produk konfigure samples and examples... akan di lanjutkan setelah anda mengklik icon next.


18. Untuk user isikan root dan pasword nya bisa anda samakan dengan pasword yang anda buat sebelumnya, setelah itu klik check pastikan status yang muncul Connection successful, setelah itu klik next .


19. Nah sekarang kita terapkan/memasang konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya, klik execute untuk memulai pemasangan konfigurasi.


20. Setelah proses pemasangan selesai, pastikan hasil pemasangan nya benar semua dan berjalan dengan baik (ditandai dengan tanda ceklis hijau), setelah itu klik finish untuk lanjut ketahap berikutnya.


21. Nah semua product configuration sudah selesai, pastikan status nya complete karena bila tidak, bisa saja nanti pada saat di gunakan akan menimbulkan efek eror dll, setelah itu klik next untuk melanjutkan.


22. karena instalasi sudah selesai total. maka MySQL sudah siap digunakan.


No comments:

Post a Comment

Popular