Kelas-Kelas Jaringan (Network Classes) - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, May 26, 2016

Kelas-Kelas Jaringan (Network Classes)

assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh, selamat malam pemirsa.. ga bosan-bosannya saya bilang kalau saya ngucapin selamat malam, berarti disini sudah malam :v ah sudah lah, pada malam yang indah ini saya akan mencoba untuk mempelajari tentang Kelas-kelas Jaringan. berikut penjelasannya, ini dia.. #JengJet..

pada kelas-kelas jaringan pastinya terdapat yang namanya Jaringan Komputer. apa itu jaringan komputer? jaringan komputer adalah komputer yang ada jaringannya :v yap jenius, super sekali, tapi terlalu singkat dan kurang jelas. Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi dengan protokol (aturan) tertentu.

nah, dalam jaringan ini terdapat bagian-bagian lagi didalamnya. berdasarkan jenis traffic yang dikirimkan, jaringan dibagi ke dalam 3 bagian, antara lain:

1. Voice Network
2. Video Network
3. Data Network

dalam lalu lintas jaringan, pastinya disetiap traffic akan melewati atau melalui jalur masing-masing. dari 3 bagian diatas ini, proses komunikasinya berbeda-beda. proses komunikasi akan berlangsung bila dalam traffic yang sama. telpon dengan telpon, video conference dengan video conference, dan komunikasi data dengan komunikasi data.

1. Voice Network
voice network adalah jaringan yang didalamnya terdapat komunikasi berupa suara yang saling berkomunikasi. contoh dari penggunaan Voice Network adalah VOIP (Voice over Internet Protocol) yaitu penggunaan yang berupa Telepon IP(IP Phone).

2. Video Network
video network adalah jaringan yang didalamnya terdapat komunikasi berupa video yang saling berkomunikasi. contoh dari penggunaan Video Voice adalah Video Conference, Video Call dan lain sebagainya.

3. Data Network
data network adalah jaringan yang didalamnya terdapat komunikasi berupa data-data yang saling berkomunikasi. contoh dari penggunaan data network adalah komunikasi antar komputer dan server untuk keperluan-keperluan database dan lain sebagainya.

sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila kesalahan dalam penjelasan. karena saya tak pandai berkata dan tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada pengunjung, saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat. wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh.

No comments:

Post a Comment

Popular