Model OSI LAYER - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, May 26, 2016

Model OSI LAYER


assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh. selamat pagi pemirsa, tahukah anda..? kalo
saya ngucapin selamat pagi itu tandanya disini masih pagi? :v ah sudah lah. kali ini saya mencoba untuk memahami dan mempelajari tentang OSI Layer. karena saya masih mempelajari ini, saya masih butuh pencerahan dari pengunjung yang udah lebih tau tentang OSI Layer. so, jadikan blog ini sebagai tempat berbagi ilmu dan berdiskusi secara online. ini dia, OSI Layer.. #JengJet..

apa itu OSI Layer? singkatnya sih OSI Layer itu standarisasi. biar makin tau, OSI itu ada sejarahnya lho, ini dia sejarahnya sebagai berikut.
jadi, sebelum adanya OSI Layer, semua jenis Network Devices (Perangkat-perangkat Jaringan) yang vendornya berbeda-beda itu memiliki standarnya masing-masing. sejak tahun 1977, badan ISO kalo ga salah sih badan ini untuk pemersatu standarisasi, jadi kalau menurut saya ISO itu Kepanjangannya International Standarization Organization. nah jadi pada tahun 1977 itu memutuskan untuk membuat suatu standarisasi yang dinamakan OSI (open system interconnection) yang alhamdulillah akhirnya semua standarisasi yang berbeda-beda dari setiap vendor-vendor perangkat jaringan disatukan oleh badan ISO ini.

OSI layer terdiri dari 7 layer yang terdiri dari Physical sampai Application. namun perlu kita ketahui, network engineer hanya butuh menguasai OSI Layer yang 4 yaitu OSI Layer bagian Lower Layer. yaitu:

1. Physical
2. Data Link
3. Network
4. Transport

nah, dari 4 layer itu memiliki fungsinya masing-masing.

physical layer

pada layer ini, hanya terdapat bit/binary. seperti yang sudah dipelajari pada pelajaran sistem komputer, bahwa angka binary itu hanya terdiri dari 2 angka yaitu 0 dan 1. dari nama layernya saja physical, berarti berhubungan dengan fisik yaitu berhubungan dengan device/perangkat. perangkat yang dimaksud disini yaitu NIC (Network Interface Card) yang ada pada Laptop ataupun PC.


data link layer

pada layer ini, terdapat yang namanya mac address. keunikan dari mac address ini adalah disetiap perangkat interface selalu berbeda. mac address itu bilangan 48 bit hexa. perangkat yang mengenal mac address yaitu switch dan bridge. bilangan hexa terdiri dari 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F. berikut penjelasannya:

- misalnya terdapat mac address sepert ini 1B:2A:3C:4D:5E:FA (ini hanya gambaran saja)
- jika dijadikan bit, setiap 2 bilangan hexa akan menjadi bit.
00 = 0000 0000 = 8 bit binary
- jika ditotalkan semuanya, maka akan menjadi 48 bit seperti berikut ini:
00:00:00:00:00:00 = 8bit:8bit:8bit:8bit:8bit:8bit = 48 bit binary

network layer

layer ini berada diatasnya data link layer. pada laer ini sudah mengenali yang namanya ip address. ip address inilah yang sangat sangat sering digunakan dalam jaringan. ip address digunakan pada interface sebuah perangkat jaringan. perangkat yang dimaksud disini ada Router (The King Network). ip address terdiri dari 32 bit desimal.
10.10.10.1 = 0000 1010.0000 1010.0000 1010.0000 0001 (mudahnya itu saja)

transport layer

pada layer ini hanya berfungsi sebagai pengantar/pemroses sebuah paket data. di layer inilah terdapat yang namanya protocol. protocol yang memproses paket data tersebut adalah TCP dan UDP.

- Transmission Control Protocol/TCP adalah protocol yang dapat diandalkan (reliable). pada protocol ini terdapat sistem "error detection". jadi, setiap paket data yang melalui protocol ini akan dicek dulu keadaan errornya. jika paket datanya putus ditengah jalan, TCP akan terus mencoba untuk mengirim lagi dan lagi apabila masih putus, sampai akhirnya benar-benar sampai. ini mengakibatkan sistem TCP lama dalam bekerja namun dapat diandalkan. protocol ini digunakan untuk browsing, download.

- User Datagram Protocol/UDP adalah protocol yang tidak dapat diandalkan (not reliable). dikarenakan tidak adanya error detection, ketika paket putus ditengah jalan maka sistem akan berhenti dan gagal. karena tidak adanya error detection, maka sistem ini bekerja lebih cepat dibanding TCP. protocol ini sering digunakan untuk VoIP, Streaming, Radio.


mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan, bila ada kesalahan dalam penjelasan mohon dimaafkan. saran dari pengunjung sangat saya butuhkan. terima kasih, wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh.

No comments:

Post a Comment

Popular