Switch - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, May 26, 2016

Switch

assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh, pada malam ini saya mau kenalan lagi perangkat jaringan yang paling ngetop ini. ini dia, Switch.. #JengJet..

Switch merupakan perangkat yang memiliki peran yang sama  dengan HUB. Switch memiliki tabel CAM (Cable Addressable Content) yang berguna pada saat akan meneruskan frame. Dengan melihat CAM Table, Switch dapat menentukan ke port mana sebuah frame akan diteruskan, sehingga kemungkinan collision dapat dihindari.
berikut ini adalah proses dari switching
pada gambar diatas, terlihat bahwa PC A mencoba untuk mengirim data ke PC C tanpa perlu menyebar frame ke semua Port pada masing-masing portnya.

Switch dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :
Manageable Switch, Switch yang dapat dikonfigurasikan, biasanya dilengkapi dengan protokol-protokol tambahan yang dapat meningkatkan kinerja dalam jaringan, misalnya Virtual LAN, Spanning Tree Protocol, dan lain-lain.
Unmanageable Switch, Switch yang tidak dapat dikonfigurasikan, umumnya hanya memiliki fitur-fitur standar.

berikut ini adalah penerapan dari switch manageable.
pada Port 1, 2, dan 4 kecepatan datanya dalam keadaan normal. bila port 3 kecepatan datanya dikonfigurasikan, maka akan seperti gambar diatas dengan mengatur speednya pada konsol switch.

No comments:

Post a Comment

Popular