Lab 8.2. [CentOS7] Konfigurasi Web Server (Apache) : Menggunakan Script Perl - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Tuesday, April 18, 2017

Lab 8.2. [CentOS7] Konfigurasi Web Server (Apache) : Menggunakan Script Perl

selamat pagi, pada kali ini ane bakalan pengen ngeshare cara enable cgi pada Web Server CentOS 7. sebelumnya ane kasih tau tentang CGI, CGI itu singkatan dari Common Gateway Interface yang merupakan sebuah konten web yang menjalankan sebuah aplikasi pada server ditempat dia berada guna memenuhi request client dan menampilkan hasilnya ke web. CGI ini memiliki file yang menggunakan bahasa Pemrograman Perl atau C. maka sebelumnya kita perlu menginstal paket Perl agar bila kita membuat file .cgi akan dapat berfungsi. berikut ini tahapannya :


1. tak cukup hanya menginstal paket Perl, namun diperlukan juga dependency lainnya untuk mendukung file cgi bisa berfungsi pada web dan berikut ini adalah perintahnya :


2. setelah terinstall, berkat penginstalan Paket Perl, maka secara default direktori /cgi-bin akan sudah terbuat pada Direktori /var/www. ini merupakan pengecekkan perijinan file CGI dan direktorinya pada direktori /var/www. pada file http.conf terdapat script "ScriptAlias /cgi-bin "/var/www/cgi-bin"" dan skrip tersebut terdapat pada baris ke 247 yang menandakan direkoti /cgi-bin tersimpan pada direktori /var/www.


3. lalu buat konfigurasi + bikin file konfigurasi pada direktori /etc/httpd/conf.d/ dan pemberian nama file konfigurasinya bebas, disini saya beri nama cgi-enabled.conf.



4. tambahkan Script seperti dibawah ini :


pada konfigurasi diatas, tujuannya adalah untuk memberikan akses direktori /var/www/html/cgi-enabled untuk menjalankan file cgi maupun perl. kita juga akan membuat ijin akses untuk mengijinkan atapun memetakan eksistensi file tertentu pada Handlers. Jadi, file berformat .cgi maupun .pl atau perl ini akan ditangani oleh cgi-script.

5. Restart Service httpd untuk mengupdate hasil konfigurasi terbaru.


6. bikin direktori /cgi-enabled sesuai dengan konfigan tadi untuk memberikan akses direktori yang akan kita buat ini, yang terletak pada direktori /var/www/html dan kita buat disini.


7. kita ubah SELinux security context dan untuk direktori /var/www/html/cgi-enabled secara keseluruhan agar httpd dapat menjalankan script cgi nya.


8. Direktoru sudah dibuat, sekaraang saatnya kita bikin file index.cgi untuk membuat skrip Perl. simpan di Direktori yang sudah teratur ijinnya ya, di /var/www/html/cgi-enabled. formatnya .cgi.


9. ini dia script nya.. samain aja ya :v daripada entar ga nongol di web browser, (curhat kemaren malem gara2 kurang script :"v).


10. buat ijin akses pada Direktori /var/www/html/cgi-enabled secara rekursif.


11. lalu uji coba pada client, buka web browser lalu search dengan format sesuai letak file nya di direktori mana dia disimpan. www.dirham.net/cgi-enabled. dan Alhamdulillah.


sekian, semoga berkah dan bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Popular