Menambahkan VM dari Virtual Box dan Qemu ke GNS3 [Mikrotik] - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Sunday, April 23, 2017

Menambahkan VM dari Virtual Box dan Qemu ke GNS3 [Mikrotik]



Assalamu'alaykum, selamat pagi, dipagi yang cerah ini ane mau ngeshare cara menambahkan VM dari Virtual Box & Qemu untuk digunakan di GNS3, nah percuma dong kalo nginstall GNS3 tapi ga ada bahan semacam VM untuk dioprek pada GNS3 ini, kali ini ane mau mencontohkan untuk menambahkan VM Mikrotik misalnya dari Virtual Box dan GNS3, sebenarnya banyak Aplikasi VM yang mendukung untuk melakukan simulasi selain Vbox dan GNS3, mudah2an bisa untuk dijadikan implentasi dengan VM lain selain Mikrotik.

  • GNS3
  • ISO Mikrotik 


Alat dan Bahan
Konfigurasi

 VirtualBox

1. Buka Aplikasi GNS3, lalu untuk menambahkan VM kita bisa mengeklik Tab Edit > Preferences atau bisa langsung menekan Tombol Ctrl+Shift+P.


2. Nah disini karena saya sudah Menginstal Mikrotik pada VirtualBox, kita pilih disini VirtualBox VMs.


3. disini belum ada VM yang ditambahkan dari Vbox di GNS3 ini, silahkan Klik New.


4. lalu akan muncul seperti ini, terdapat VM List, pilih VM dari VirtualBox yang telah kalian buat, misalnya disini saya memilih VM DirhamOS yang sudah terinstall dengan RouterOS mikrotik. lalu Klik Finish.


5. nah sudah ditambahkan, pada RouterOS yang sudah saya Instal ini, saya mau mengubah nama Interface pertama dari Router ini menjadi Ethernet1 dan akan ditampilkan menjadi e0. lalu saya akan mengubah Simbol PC itu menjadi Router, tergantung dari temen2 kalau VM yang kalian tambahkan Berupa Server silahkan beri Simbol Server. sesuai selera. Klik Edit.


6. pada Tab General settings, kalian bisa atur simbol dari VM yang kalian buat. klik Browse pada pengaturan Symbol:.


7. nah banyak sekali disini pilihan Simbol untuk VM yang kalian buat, disini saya pilih Router. lalu Klik OK.


lalu berikan ukuran RAM sekitar 64 MB saja sudah bisa jalan kok Mikrotiknya. paling besar 128 MB.


8. lanjut di Tab Network kalian bisa ganti nama Interface pertama dengan nama Ethernet1 dengan mengedit settingan pada Name format: dengan mengisi settingan Ethernet{port1}. lalu klik OK.


9. setelah itu sudah sampai sini kalian bisa menggunakannya, tapi harus di Simpan dulu hasil Settingannya dengan mengeklik Apply > OK


untuk pengujian cara penggunaannya bisa kita perhatikan nanti setelah Konfigurasi dibawah pada Tahap Pengujian, dan akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan dari penggunaan Apliakasi VM Vbox dan Qemu ini.

Qemu

kali ini akan menjelaskan cara menggunakan Aplikasi VM yang bernama Qemu. pengimplementasian Instalasi Mikrotik pada Qemu ini bisa kita lakukan pada OS Linux melalui Terminal dan OS Windows melalui CMD nya. kali ini ane mau ngeshare cara menggunakan Qemu pada Linuxmint dahulu, bisa untuk Debian, Ubuntu dan Turunan lainnya pada satu Nasab, kali ini saya pake Linuxmint 17.3 Rosa. berikut ini adalah caranya :

1. buka Terminal. masuk dahulu sebagai Root/SuperUser dengan perintah su lalu masukkan password Root anda.
2. setelah itu, aplikasi untuk membuat file .img pada Qemu ini ada pada aplikasi tambahan dari Qemu yang bernama qemu-utils, ketik perintah dibawah ini untuk menginstal qemu-utils seperti dibawah ini.
apt-get install qemu-utils -y 

3. setelah itu kita harus tau dimana letak ISO Mikrotik kalian disimpan, misalnya pada gambar dibawah ini, ane nyimpen di Direktori /home/dirham/downloads/ soalnya baru download tadi ISO nya hehehe.


4. lalu kita harus membuat file .img dahulu, nantinya file .img ini digunakan sebagai harddisk virtual istilahnya, jadi di Qemu ini disebutnya image disk. kalau di VirtualBox berupa .vdi yang merupakan Harddisk virtual nah kalau di Qemu ini .img. lalukan perintah berikut:
qemu-img create -f qcow2 Mikrotikdirham.img 64M

- qemu-img >>> sebuah perintah pada Fitur Qemu untuk membuat membuat file .img
- create >>> Eksekusi perintah untuk membuat file .img
- option -f >>> sebuah Option untuk pembuatan secara paksa (force)
- qcow2 >>> perintah qcow versi 2, sama sih seperti qcow doang, (Qemu Copy on Write) merupakan format file Qemu, qcow2 lebih keren, image disk yang dibuat akan dienkripsi. beda dengan qcow dengan tidak mengenkripsi.
- Mikrotikdirham.img 64M >>> ini merupakan nama file .img nya dengan pemberian nama bebas, lalu Image disk ini diberi ukuran penyimpanan sebesar 64M atau 64 MB, bisa diberi ukuran lebih untk menyimpan banyak Konfigurasi pada Mikrotik ini.

5. lalu kita berpindah ke Direktori dimana ISO Mikrotik disimpan, supaya ngonfignya lebih mudah.


6.  setelah itu, kita eksekusi penginstalan Mikrotik, kita gunakan qemu-system-x86_64 lalu kita pakai Image disk yang dibuat tadi yaitu Mikrotikdirham.img yang terletak di Direktori /home/dirham/ , dan masukkan ISO mikrotik-6.38.5.iso dengan perintah -cdrom.


 7. lalu akan muncul seperti ini, jadi disini kalian akan menginstall Mikrotik.


8. lalu lakukan Instal Mikrotik seperti biasa, tekan a untuk menginstal seluruh paket fitur, lalu tekan  y. seperti biasa.


 9. setelah instalasi selesai, kalian bisa close qemu nya. karena sudah terinstal. setelah itu buka Aplikasi GNS3, lalu buka Preferences.

 

10. pilih aplikasi Qemu, karena tadi kita menggunakan Qemu.


11. klik New untuk menambahkan VM Qemu ke GNS3.


12. beri nama VM nya untuk ditampilkan pada saat simulasi. lalu klik Next.


13. gunakan Qemu binary nya yang qemu-system-x86_64 seperti tadi menginstal. kasih RAM secukupnya, 64 MB juga akan berfungsi nantinya.


14. lalu kita tambahkan image disk nya, gunakan image disk yang tadi dibuat. untuk mencarinya klik Browse.


15. nah Mikrotikdirham.img tadi terletak di Direktori /home/dirham lalu pilih deh image disk nya.


16. kalau sudah, klik Finish. oh iya, pada disk image ini sudah terinstall Mikrotiknya, jadi nanti bisa kita gunakan langsung.


17. lalu boleh kok kita ganti simbolnya.


18. semua sudah oke, langsung simpen hasil konfigurasinya. klik Apply > OK.


Pengujian

kali ini tahap pengujian atau percobaan, setelah menambahkan 2 VM tadi, kita bisa mencoba langsung seperti gambar dibawah ini:

1. kita bisa memilih VM yang kita buat tadi, ada pada pilihan End devices, klik lalu kita Swap ke kanan seperti ini.




2. lalu kita bisa menghubungkannya dengan connector seperti ini, terdapat pilihan Ethernet1 sampai 5, ini hasil settingan yang tadi.




3. kita bisa menampilkan nama Interfacenya, dengan mengeklik ikon konektori diatas.




4. klik tanda Play yang berwarna hijau, untuk menyalakan semua VM yang terlampir.



5. pada VirtualBox, tampilannya akan seperti biasa.. seperti setelah menginstal mikrotik pada pada VirtualBox.


6. pada Qemu, kita perlu memilih Console untuk menampilan console mikrotik, klik kanan pada VM DirhamOSqemu, lalu pilih Custom console.


7. kita pilih nama consolenya, disini saya menggunakan xfce4 Terminal, jadi nanti Console Mikrotik akan ditampilkan oleh Terminal. klik OK.


8. lalu pada Terminal akan terlihat proses booting. mohon bersabar sebentar.


9. setelah itu lakukan login seperti biasa, dan kita bisa latihan Mikrotik di GNS3 ini melalui Qemu :D silahkan mengeksplor :D


Attention : bila saat pada DirhamOSqemu tidak dapat dinyalakan, maka lakukan hal dibawah ini. kita Unchecklist Enable KVM acceleration.


sekian yang dapat share
Semoga berkah dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular