Instalasi GNS3 pada Linux (Linuxmint) - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, April 20, 2017

Instalasi GNS3 pada Linux (Linuxmint)


Assalamu'alaykum, selamat siang pada pelajaran SOJ ini ane bakalan pengen ngeshare cara Instal GNS3. GNS itu singkatan dari Graphical Network Simulator, aplikasi simulasi jaringan yang paling jeger daripada yang lain, mungkin karena ketenarannya jadi ane bilangnya jeger, masih banyak sih sebenernya aplikasi simuluasi jaringan lain. nah, percobaan instalasi kali ini ane nginstal di Linux, yaa linuxmint. proses instalasinya pun berbeda dengan OS Windows, kali ini ane ngambil repository ppa. berikut ini adalah cara instalasinya :


1. pertama masuk dulu sebagai SuperUser >>> sudo su | lalu tambahkan repository ppa, ambil GNS3 nya.


2. apt-get install gns3-gui -y untuk menginstall GNS3 dan pendukung untuk GUI.


3. setelah menginstal GNS3 tadi, kita boleh menambahkan Fitur aplikasi mesin virtual yang namanya IOU, kalau yang saya tau biasanya digunakan untuk menginstal .img , yang baru ane tau buat masang image iOS Cisco.

tambahkan pendukung 32 bit, mungkin IOU ini bisa bierfungsi pada 32 bit.

install fitur IOU ada GNS3 bila perlu ya..

4. lalu jalankan aplikasi GNS3 nya dengan perintah GNS3 pada terminal.


5. dan inilah tampilan GNS mulai Explore dengan penggunaanya ;D


sekian, semoga berkah dan bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Popular