Instal RouterOS Mikrotik di VirtualBox - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, April 20, 2017

Instal RouterOS Mikrotik di VirtualBox

Assalamu'alaykum hari ini ane pengen ngeshare cara Instal RouterOS di Vbox, instal kali ini ane sengaja pake VirtualBox sebagai Pengimplementasian untuk menginstal RouterOS pada Device yang akan diinstal RouterOS, seperti menginstal RouterOS pada PC untuk keperluan Jaringan dengan resource yang memadai sehinggan PC tersebut menjadi Router. Spesifikasi untuk menginstal RouterOS tidak memerlukan Resource yang besar, bahkan hanya dengan Pentium2 pun RouterOS bisa beroperasi. percobaan pada VirtualBox, kita hanya memerlukan  RAM sebesar 64 MB, paling gede 128 MB dan itu kegedean. berikut ini adalah caranya yaitu :


beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menginstal RouterOS adalah :

1. ISO Mikrotik
2. PC yang akan diinstal RouterOS
3. namun percobaan kali ini di Instal pada VirtualBox.

berikut ini adalah tahapan penginstalan RouterOS menggunakan VirtualBox :

1. sekarang jaman perkembangan teknologi yang berkembang, untuk menginstal RouterOS di PC kita bisa menginstal dengan bootable pada USB, dengan mengatur priority boot nya USB pada urutan pertama. pada VirtualBox kali ini akan menggunakan langsung ISO Mikrotiknya. download dulu iso yang Trial nya, download.


2. setelah booting segala macem, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, disini terdapat banyak fitur, utamanya adalah system atau pada RouterOS ini disebutnya minimum instal. kita bisa memilah milah fitur yang pengen kita instal dengan mennggerakan kursor dengan tombol p untuk menggerakkan ke atas, tombol n untuk menggerakkan ke bawah. tekan tombol a untuk menginstall seluruh fitur, tekan m untuk menginstal system saja.


3. beginilah tampilan bila kita ingin menginstall seluruh fitur, maka kita langsung untuk menginstal dengan menekan tombol i.


4. setelah itu akan muncul seperti ini dibawah ini, apakah kalian akan menginstal konfigurasi tadi (fitur2 tadi) maka tekan saja y.


5. kemudian akan muncul peringatan bahwa mikrotik ini akan menghapus seluruh isi dari harddisk, maka tekan saja y.


6. tunggu sampe proses pemformattan dari harddisk dan tunggu sampe proses instalasi kelar, cepet kok gak lama.



7.  nah instalasi sudah kelar, saatnya kita keluarkan iso nya dan paksa unmount lalu tekan [enter] untuk Reboot. untuk real device nya, media bootable seperti contohnya menggunakan USB, jangan lupa ubah kembali priority boot nya seperti semula.





8. nah saatnya login dengan user default dari pabrik yaitu

Mikrotik Login : admin
Password : (kosongkan, langsung tekan [enter])


9. setelah login anda ditanya untuk melihat software license atau tidak, disini ane ga mau liat software license nya, gara - gara kebanakan tulisan hehehe.


10. nah setelah ane telusurin nih, ternyata lisence nya hanya trial :"v dan hanya berlaku untuk sehari saja, belajar mikrotik menggunakan RouterOS selama sehari ga cukup lho :"v


sekian yang dapat ane share, semoga berkah dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular