Install RouterOS Free Lisence (Cloud Hosted Router) - Yord's Note

Latest

Catatan kecil seputar Informatika dan Umum

Thursday, April 20, 2017

Install RouterOS Free Lisence (Cloud Hosted Router)

assalamu'alaykum, setelah ane menginstall RouterOS dengan trial 24 jam atau sehari, ane mau berbagi untuk temen2 yang sekiranya belum tau RouterOS yang Free Lisence, ternyata ada di website nya lho, mikrotik.com sehingga dengan ente mau belajar2 pake virtualbox/vmware/qemu ente bisa menggunakannya dengan gratis. berikut ini adalah penjelasannya :


Konsep Dasar


CHR atau Cloud Hosted Router, merupakan Router Virtual, bisa dibilang Router Virtual karena CHR ini merupakan fitur dari Mikrotik yang cocok digunakan untuk pengguna VM atau mesin Virtual. Router Virtual tidak hanya CHR saja untuk RouterOS Mikrotik, tetapi masih banyak lagi Sistem Operasi Jaringan yang berkedok VM seperti peranakkan dari Vendor jaringan Brocade, dengan OS jaringannya yang bernama Vyatta, lalu ada juga VyOS yang merupakan peranakkan dari Vyatta, dan lain-lain.
Biasanya penggunaan Router Virtual ini terdapat pada sebuah server yang dibuat sebuah Hypervisor layaknya VMWare, Hyper-V, Proxmox dan lain sebagainya. betapa baiknya si Mikrotik ini membuat RouterOS nya untuk berbasis VM ini, ketika Server di Instal VM CHR ini, bisa dijadikan untuk Router Virtual pada Server tersebut, terlebih lagi untuk meningkatkan keamanan VM - VM lainnya selain Router Virtual seperti Web Server, Mail Server dan lain sebagainya yang terhubung ke Router Virtual CHR ini.
namun, dengan kegratisan Lisensi dari CHR ini, kecepatan Traffik per Interfacenya masih dibatasi dengan kecepatan 1Mbit. untuk bisa ditambah lagi kecepatannya, kita perlu punya akun di Mikrotik.com, lalu kita bisa menambahkan tingkat lisensinya, dengan ID Router mikrotik kita pada system-id nya nanti akan ditetapkan pada akun Mikrotik kita untuk pembelian lisensinya.

Note : CHR ini memiliki base platform atau arsitektur 64bit (x86_64), maka jika di Instal pada aplikasi VM dengan Host yang berarsitektur 32 Bit maka tidak bisa.

Instalasi

1. ente bisa cek di wbesitenya nih https://mikrotik.com/download disono banyak produk software yang gratis dan ada pula yang berbayar (kalo gasalah).


2. setelah itu ente klik Tab [software]


3. nah pada software ini produk software mikrotik berada, temen2 bisa download disini.

VHDX >>> untuk Hyper-V (.vhdx)
VDI image >>> untuk di virtualbox (.vdi)
VMDK image >>> untuk di vmware biasanya, bisa juga di virtualbox (.vmdk)
Raw disk image >>> (Recommended) ini merupakan disk image .img yang sangat berfaedah untuk menjaga resources / hemat resource dan biasanya di instal pada qemu di gns3.

saran ane pilih yang (current), kali ini ane nyoba untuk mendownload dan menggunakan VDI image untuk digunakan di VirtualBox.


4. pada VirtualBox, kita gunakan harddisk virtual yang sudah ada atau VDI yang sudah ada, lalu pilih VDI chr-6.38.vdi nya.


5. setelah itu kita tidak perlu menginstal segala macem karena sudah terbentuk vdi atau sudah terinstal dari sononya. login seperti biasa, dan kita liat lisence nya :

terdapat system-id atau identitas system dari routernya.
dan level untuk lisence RouterOS ini adalah free alias kita bisa gunakan dengan tanpa batas, namun hanya sebatas Virtual saja, untuk keperluan Learnig maupun Training.


sekian, semoga berkah dan bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Popular